Kamis, November 28, 2013

BERSABAR ATAS TINGKAH LAKU BURUK

Bersabar atas tingkah laku buruk manusia baik pd dirinya, hartanya dan kehormatannya.


Sedangkan puncak kesabaran ini bisa tewujud dg tdk membenci org yg menyakitinya kala orang itu muslim, tdk menginginkan keburukan baginya, tidak mendoakan yg buruk baginya dan tdk membalasnya.

Dengan cara, Baik berlemah lembut kpdnya dan bersabar atas perbuatannya, atau memaafkan dan memakluminya merasa cukup dg pertolongan اَللّهُ swt dan menginginkan pahala-Nya.

Cara yg dpt menumbuhkan kesabaran ini adalah mengenal riwayat ttg keutamaan menahan amarah, sabar terhadap gangguan dan memaafkan kesalahan org lain.

Dalam hal ini اَللّهُ swt berfirman :

"Maka barangsiapa memaafkan akan berbuat baik maka pahalanya atas (gangguan) اَللّهُ . Sesungguhnya Dia tdk menyukai orang2 yg Dzalim" (QS.Asyy-Syuura ;40)

Dalam ayat yg lain, اَللّهُ swt berfirman :
"Tetapi org yg bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yg dg demikian itu termasuk yg diutamakan." (QS.Asyy-Syuura ;43)

Rasulullah SAW , bersabda :

"Barangsiapa yg menahan amarah sedangkan kalau mau ia bisa meluapkannya, maka اَللّهُ akan memenuhi hatinya ketenangan dan keimanan."

("Risalatul Mu'awanati wal Muzhaharati wal Muaazarati", karya Sayyidinal Imam Al-Qutbh, Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad RA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar