Minggu, Desember 14, 2014

Carilah Ilmu Sampai ke Negeri China



Hadits di atas tdk hanya terkenal dikalangan santri di pesantren, tapi saat ini sdh menjadi istilah umum dikalangan khalayak ramai yg menggambarkan bagaimana kita harus belajar bahkan sampai ke negeri Tiongkok. Ya, Tiongkok, siapa yg tdk tahu negeri yg saat ini menjadi magnet kemajuan dlm segala hal ini. Negeri yg berlandaskan sistem komunis ini mungkin banyak yg tdk tahu kalau di balik sistem politik & ekonominya yg sosialis ternyata memendam sejarah panjang masuknya Islam di kawasan Asia. Lalu siapa sebenarnya yg menyebarkan Islam di Tiongkok?

Dari berbagai literatur & penuturan beberapa tokoh muslim Tiongkok yg pernah saya temui, yg paling masyhur adalah sahabat sekaligus salah satu paman Rasul yaitu Saad bin Abi Waqqash yg makamnya terletak di kota Guangzhou propinsi Guangdong. Ajaran Islam pertama kali tiba di Tiongkok ketika Sa'ad Abi Waqqas & 3 sahabatnya berlayar ke Tiongkok dri Ethopia pd tahun 616 M. Setelah sampai di Tiongkok, Sa'ad kembali ke Arab & 21 thn kemudian kembali lagi ke Guangzhou membawa kitab suci Alquran. Ada pula yg menyebutkan, ajaran Islam pertama kali tiba di Tiongkok pd 615 M kurang lebih 20 thn setelah Rasulullah SAW tutup usia.

Adalah Khalifah Utsman bin Affan yg menugaskan Sa'ad bin Abi Waqqas untuk membawa ajaran suci Islam ke daratan Tiongkok. Konon, Sa'ad meninggal dunia di Tiongkok pd thn 635 M & kuburannya dikenal sebagai Geys' Mazars. Utusan khalifah Utsman bin Affan pd waktu itu diterima secara terbuka oleh Kaisar Yung Wei dr Dinasti Tang. Kaisar pun lalu memerintahkan pembangunan Masjid Huaisheng / Masjid Memorial di Guangzhou, masjid pertama yg berdiri di daratan Tiongkok yg didirikan tahun 627 masehi. Ketika Dinasti Tang berkuasa, Tiongkok tengah mencapai masa keemasan & menjadi kosmopolitan budaya. Sehingga dgn mudah ajaran Islam tersebar & dikenal masyarakat Tiongkok. Selamat Berbuka Puasa Semoga Amal Ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar